MODEL BISNIS CANVAS PADA PERUSAHAAN CONVENIECE STORE
Lawson, Inc. (株式会社ローソン Kabushiki Kaisha Rōson, TYO: 2651) adalah jaringan WARALABA TOKO KLONTONG (convenience store) JEPANG. Lawson adalah jaringan toko
kelontong terbesar nomor dua di Jepang setelah 7-EleveN. Kantor pusat Lawson di East
Tower, Gate City Ohsaki di osaki, SHINAGAWA, TOKYO.
Logo perusahaan ini berupa kaleng susu untuk mengingatkan orang bahwa Lawson berawal dari toko SUSU yang didirikan pemilik pabrik susu bernama J.J. Lawson di negara bagian OHIO, Amerika serikat pada tahun 1939. Namun Lawson sekarang adalah perusahaan Jepang, sekaligus pemilik jaringan convenience store terbesar kedua di Jepang setelah 7-Eleven.
NIM : 1732510282
NAMA : YUSIANAH
Logo perusahaan ini berupa kaleng susu untuk mengingatkan orang bahwa Lawson berawal dari toko SUSU yang didirikan pemilik pabrik susu bernama J.J. Lawson di negara bagian OHIO, Amerika serikat pada tahun 1939. Namun Lawson sekarang adalah perusahaan Jepang, sekaligus pemilik jaringan convenience store terbesar kedua di Jepang setelah 7-Eleven.
Toko pertama Lawson di luar Jepang
dibuka di Shanghai, RCC
pada Juli 1996. Toko pertama Lawson di Chonqing dibuka pada Juli 2010, disusul di Dalian pada November 2011. Lawson China didirikan pada Mei
2012 sebagai sebuah perusahaan induk untuk manajemen lisensi di RRC. Hingga
Maret 2013, Lawson memiliki 8 toko di Dalian, 304 toko di Shanghai, dan 50 toko
di Chongqing.
Di Indonesia, Lawson menandatangani perjanjian
lisensi dengan PT. Midi Utama Indonesia, Tbk dari Alfa Group pada 20 Juni 2011. Midi Utama Indonesia adalah pemilik merek
mini market Alamnidi dan Alfaexpress. PT. Sumber
Alfaria Trijaya, Tbk juga dari Alfa Group adalah pemilik merek mini market Alfamart. Gerai pertama Lawson
di Indonesia dibuka di Kemang, Jakarta Selatan pada Juli 2011. Hingga Maret
2013, Lawson telah memiliki 83 toko di Bali, Bandung, Bekasi, Bogor, Depok, Jakarta, Jawa Barat, dan Tangerang. Di Indonesia, pembeli dapat
membeli makanan siap saji dan minuman untuk dinikmati di ruang duduk yang
terdapat di dalam dan di luar toko. Produk orisinal Lawson di Indonesia adalah ODEN
dan ONIGIRI.
Berikut bisnis model
canvas :
KEY PARTER
|
KEY ACTIVITY
|
VALUE PROPOSITION
|
CUSTOMER TELATIONSHIP
|
CUSTOMER SEGMENT
|
|
1. SUPPLIER (FOOD AND
BEVERAGE)
|
1. MARKETING 2.SELLING FOOD AND BEVERAGE
|
JAPAES FOOD SERVED
QUICKLY AND WITH INDOESIAN FLAVORS THAT PUTS COMFORT WHEN SHOPPING
|
1. PACKAGE MENU (PAKET
HEMAT)
2. MEMBER CARD OF PONTA
|
1. FAMILLIES 2. YOUNGTERS 3. THE ELDERLY 4. BUSINESS PEOPLE
|
|
KEY RESOURCES
|
CHANNELS
|
||||
1.EMPLOYEES 2. STRATEGIC
LOCATION 3.OLSHOP(HONESTBEE)
|
1. EMPLOYEES 2. STRATEGIC LOCATIO 3. OLSHOP (HONESTBEE)
|
||||
COST STRUCTURE
|
REVENUE STREAMS
|
||||
1. EMPLOYEES
2. RAW MATERIALS
3. MARKETING COST
4.OPERATIONAL COST
|
SELLIG FOODS AND
BEVERAGES
|
||||
NIM : 1732510282
NAMA : YUSIANAH
Komentar
Posting Komentar