MODEL BISNIS CANVAS PADA PERUSAHAAN CONVENIECE STORE

Lawson, Inc. (株式会社ローソン Kabushiki Kaisha Rōson, TYO: 2651) adalah jaringan WARALABA TOKO KLONTONG (convenience store) JEPANG. Lawson adalah jaringan toko kelontong terbesar nomor dua di Jepang setelah 7-EleveN. Kantor pusat Lawson di East Tower, Gate City Ohsaki di osaki, SHINAGAWA, TOKYO.
Logo perusahaan ini berupa kaleng susu untuk mengingatkan orang bahwa Lawson berawal dari toko SUSU yang didirikan pemilik pabrik susu bernama J.J. Lawson di negara bagian OHIO, Amerika serikat pada tahun 1939. Namun Lawson sekarang adalah perusahaan Jepang, sekaligus pemilik jaringan convenience store terbesar kedua di Jepang setelah 7-Eleven.
Toko pertama Lawson di luar Jepang dibuka di Shanghai, RCC pada Juli 1996. Toko pertama Lawson di Chonqing dibuka pada Juli 2010, disusul di Dalian pada November 2011. Lawson China didirikan pada Mei 2012 sebagai sebuah perusahaan induk untuk manajemen lisensi di RRC. Hingga Maret 2013, Lawson memiliki 8 toko di Dalian, 304 toko di Shanghai, dan 50 toko di Chongqing.
Di Indonesia, Lawson menandatangani perjanjian lisensi dengan PT. Midi Utama Indonesia, Tbk dari Alfa Group pada 20 Juni 2011. Midi Utama Indonesia adalah pemilik merek mini market Alamnidi dan Alfaexpress. PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk juga dari Alfa Group adalah pemilik merek mini market Alfamart.  Gerai pertama Lawson di Indonesia dibuka di Kemang, Jakarta Selatan pada Juli 2011. Hingga Maret 2013, Lawson telah memiliki 83 toko di Bali, Bandung, Bekasi, Bogor, Depok, Jakarta, Jawa Barat, dan Tangerang. Di Indonesia, pembeli dapat membeli makanan siap saji dan minuman untuk dinikmati di ruang duduk yang terdapat di dalam dan di luar toko. Produk orisinal Lawson di Indonesia adalah ODEN dan ONIGIRI.


Berikut bisnis model canvas :




KEY PARTER
KEY ACTIVITY
VALUE PROPOSITION
CUSTOMER TELATIONSHIP
CUSTOMER SEGMENT

1. SUPPLIER (FOOD AND BEVERAGE)
1. MARKETING      2.SELLING FOOD AND BEVERAGE
JAPAES FOOD SERVED QUICKLY AND WITH INDOESIAN FLAVORS THAT PUTS COMFORT WHEN SHOPPING
1. PACKAGE MENU (PAKET HEMAT)                                       2. MEMBER CARD OF PONTA
1. FAMILLIES                 2. YOUNGTERS            3. THE ELDERLY             4. BUSINESS PEOPLE






KEY RESOURCES
CHANNELS

1.EMPLOYEES                  2. STRATEGIC
LOCATION                          3.OLSHOP(HONESTBEE)
1. EMPLOYEES                        2. STRATEGIC LOCATIO       3. OLSHOP (HONESTBEE)





COST STRUCTURE
REVENUE STREAMS

1. EMPLOYEES 
  2. RAW MATERIALS 
  3. MARKETING COST  
 4.OPERATIONAL COST
SELLIG FOODS AND BEVERAGES









NIM         : 1732510282
NAMA     : YUSIANAH


 

Komentar

Postingan Populer